Friday, January 25, 2019

Susu Kambing Etawa dapat Dijadikan sebagai Suplemen

Susu Kambing Etawa dapat Dijadikan sebagai Suplemen, ulasan tersebut merupakan informasi yang baru saja kami baca dari laman berita online. Ternyata khasiat susu kambing etawa memang begitu banyak dan luar biasa. Tidak heran kalau susu kambing etawa sudah di jadikan sebagai minuman kesehatan sejak jaman nabi dulu. Bahkan susu kambing etawa juga menjadi sunah Nabi.


Namun sayangnya masyarakat kita lebih familiar dengan susu sapi, karena memang sejak jaman penjajahan dulu bangsa kita mindsetnya kalau bicara susu ya hanya susu sapi. Padahal kalau kita mau mecermati susu kambing etawa jauh lebih menyehatkan ketimbang susu sapi. Tidak salah minum susu sapi, akan tetapi bagi sebagian orang yang alergi terhadap susu sapi, susu kambing etwa bisa menjadi alternatif terbaik sebagai penggantinya.


Berikut ini beritanya yang kami sadur dari laman web koran-jakarta.com dimana ada 4 dosen Universitas Brawijawa yang menemukan dan membuat suplemen berbahan susu kambing etawa.



MALANG - Empat dosen Universitas Brawijaya (UB) Ma­lang, berhasil membuat sekaligus memproduksi suplemen makanan dari susu Kambing Etawa berbentuk jelly dan ef­fervescent. Empat dosen tersebut adalah Masdiana C Pada­ga dan Ajeng Erika Prihastuti Haskito (FKH), Ar Rohman Taufiq Hidayat (FT), dan Kartika Putri Kumalasari (FIA).


Salah seorang tim pembuat jelly, Kartika Putri Kumalasa­ri di Malang, Senin (3/9), mengatakan jelly dan effervescent dipilih karena memiliki banyak keunggulan, diantaranya praktis, cepat larut dalam air, dan menghasilkan rasa yang enak. “Sedangkan susu kambing dipilih karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan terutama untuk antiok­sidan,” tambahnya.


Dia menerangkan untuk menjadi produk itu susu kam­bing diproses dengan pasteurisasi, fermentasi dengan pe­nambahan bakteri asam laktat (BAL), pemisahan kasein dari whey, dan pan pengering.


Fermentasi dengan bakteri asam laktat merupakan me­tode yang sudah lama digunakan untuk produk olahan susu. Produk susu fermentasi dipercaya bisa memberikan efek yang menyehatkan dan dapat menyembuhkan bebera­pa penyakit.


Dalam penyimpanan dan pemasarannya, lanjutnya pro­duk yang terbuat dari kasein yoghurt susu kambing ter­sebut, tidak memerlukan peralatan khusus, seperti lemari es atau freezer, karena produk ini mempunyai kadar air dan aktivitas air yang relatif rendah, serta dikemas dalam kondisi vakum dengan bahan kemasan dari plastik dan alu­minium foil.


“Pengemasan dengan kondisi tersebut dapat mencegah dari kerusakan akibat teknis maupun kemungkinan cema­ran mikroorganisme dan dapat menekan biaya penyimpan­an dan pemasaran produk,” ujarnya.


Keunggulan lain produk tersebut, mempunyai nilai zat gizi tinggi karena bahan baku lebih dari 80 persen adalah susu kambing. “Mudah-mudahan produk kami ini menjadi salah satu pilihan bagi warga untuk menjaga kesehatan tu­buhnya karena kandungan gizinya cukup tinggi,” tambah­nya


Bagaimana luar biasa bukan? Tidak hanya sebagai terapi minuman yang menyehatkan bahkan bisa dijadikan suplemen alami bagi tubuh. Bagi anda yang tertarik untuk membeli susu kambing etawa JHP plus propolis jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami juda sedang memperluas jaringan untuk menjangkau penjual di kota semarang, anda tertarik menjadi mitra agen susu kambing etawa di kota semarang? Hubungi kami hari ini dan dapatkan penawaran harga terbaik. Syaratnya cukup mudah hanya perlu belanja minimal 100 kotak anda sudah bisa berjualan dan menjadi jaringan agen JHP plus propolis di kota semarang. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment